Jumat, 23 Maret 2018

Artikel olahraga renang

        Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang. gaya renang renang yang di perlombakan adalah gaya bebas, gaya kupu kupu, gaya punggung, dan gaya dada. Perenang yang memenangkan lomba renang adalah perenang yang menyelesaikan jarak lintas tercepat. pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal dan pemenang semifinal maju ke babak final.
    
       Bersama sama dengan locat indah,renanf indah, renang perairan terbuka dan polo air, peraturan perlombaan renang di tetapkan oleh badan dunia bersama federasi renang internasional (FINA). persatuan renang seluruh indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renanf di indonesia

  Sejarah olahraga renang
     
     Perlombaan berenang di mulai di eropa sekita tahun1800. sebagian besar perenang berenang memakai gaya dada. Pada tahun 1873, Jon Arthur Trudgen memperkenalkan gaya trudgen di lomba lomba renang setelah meniru renang gaya bebas suku indian. Akibat ketidaksukaan orang inggris terhadap gerakan renang yang memercikan air kesan kemari, trudgen mengganti gerakan kaki gaya bebas yang melecut ke atas dan kebawah menjadi gerakan kaki gunting seperti renang gaya samping.

     Renang menjadi salah satu cabang olahraga yang di lombakan sejak olimpiade athena 1896. Nomor renang putri di lombakan sejak olimpiade stockholm 1912. Pada 1902 Richard cavill memperkenalkan gaya bebas. federasi renang internasional di bentuk pada 1908. Gaya kupu kupu pertama kali di kembangkan pada tahun 1930-an. Pada awalnya, gaya kupu kupu merupakan variasi gaya dada sebelum di anggap sebagai gaya renang tersendri pada 1952.

    Di hindia belanda, perseriktan berenang bandung di dirikan pada 1917. Pada tahun berikutnya di dirikan perserikatan berenang jawa barat  dan perserikatan berenang jawa timur di dirikan pada 1927. sejak itu pula perlombaan renang antar daerah mulai sering diadakan.

   Pada 1936, perenang hindia belanda bernama Pet Stam mencatat rekok 59,9 detik untuk nomer 100 meter gaya bebas di kolam renang cihampelas bandung. Pet Stam dikirim sebagai wakil belanda di olimpiade berlin 1936. persatuan berenang seluruh indonesia di dirikan 21 maret 1951, dan sebagai anggota federasi renang internasional sejak tahun berikutnya. Perenang indonesia ikut belomba dalam olimpiade Helsinki 1952

Tidak ada komentar:

Posting Komentar